Minggu, 15 Maret 2009

Result Final Swiss Super Series: China raih 3 gelar.

Wilson Swiss 2009, baru saja berakhir. Kontingan China masih menunjukkan dominasinya sebagai negara bulutangkis yang kuat. China berhasil merebut 3 gelar juara di Swiss. Berikut liputan singkat partai final Swiss Super series 2009.

Ganda Campuran.
Di bagian ganda campuran, pemain China, Zheng Bo-Ma jin berhasil menjadi yang terbaik di Swiss 2009. Zheng Bo-Ma Jin berhasil mengalahkan peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung, dengan skor yang sangat meyakinkan, 21-16, 21-15.
Di babak pertama, Zheng Bo-Ma Jin langsung memimpin pertandingan, 5-0, sebelum akhirnya mengakhiri paruh set pertama, 11-5. Pasangan Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung sempat mengejar ketertinggalan, ketika kedudukan 19-12. Namun, 4 angka yang ditambahkan pasangan Korea ini, dikunci oleh Zheng Bo-Ma Jin, sehingga set pertama dimenangkan oleh Zheng Bo-Ma Jin dengan skor 21-16.
Di babak kedua, pertandingan semakin ketat. Sempat terjadi kejar mengejar angka antara kedua pasangan. Sempat teringgal 0-3, Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3. Kedudukan sempat imbang pada kedudukan 9-9, namun Zheng Bo-Ma Jin mengambil 2 angka kembali, dan unggul 11-9. Setelah istirahat, pasangan China ini sepertinya sudah tidak terbendung lagi untuk memenangi pertandingan. Set keduapun akhirnya dimenangi oleh Zheng Bo-Ma Jin, dengan skor 21-15.
Kekalahan Lee Yong Dae-Lee Hyo Jung atas Zheng Bo-Ma Jin ini, adalah kekalahan 3 kali berturut-turut. Sebelumnya di German open dan All England Super Series 2009, Zheng Bo-Ma Jin juga berhasil mengalahkan pasangan Korea tersebut.

Tunggal Putri.
Di bagian tunggal putri, China sudah dipastikan membawa gelar. Pertandingan tunggal putri, mempertemukan Wang Yihan dan Zhiang Yanjiao.
Di babak pertama, kedua pemain terlihat bermain sangat hati-hati. Sempat bermain 3-3, Wang Yihan mencoba untuk meninggalkan Jiang Yanjiao, sehingga di pertengahan set pertama, Wang Yihan unggul 11-7. Namun setelah istirahat, Jiang Yanjiao mulai mengejar ketertinggalannya. Kedudukan pun sempat imbang hingga 16-16. Di saat itulah Wang Yihan kembali melesat, dan akhirnya menutup set pertama dengan kemenangan 21-17.
Di set kedua, Zhiang Yanjiao mulai menemukan bentuk permainannya. Sempat kejar mengejar angka, dan ketinggalan di pertengahan set kedua, dengan skor 11-8, Jiang Yanjiao akhirnya dapat memperkecil ketertinggalannya, dan imbang 14-14. Wang Yihan sempat mengambil 2 poin, namun Jiang Yanjiao berhasil menahan permainan Wang Yihan, dan unggul di set kedua, dengan skor 21-17.
Di set penentuan, kejar mengejar angka kembali tak dapat terhindarkan. Kedua pemain memperlihatkan permainan-permainan yang sangat menarik. Kedudukan sempat imbang 11-11, setelah Wang Yihan sebelumnya unggul 11-10. Namun, Wang Yihan berhasil membalikkan keadaan, dengan mengambil 7 angka berturut-turut. Jiang Yanjiao berusaha untuk mengejar ketertinggalan, namun sayang, Wang Yihan berhasil mengunci pertandingan, dengan skor 21-13, sekaligus menjadi juara Swiss Super Series 2009.
Kemanangan ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut bagi Wang Yihan. Sebelumnya, Wang Yihan berhasil menjuarai German Open 2009, dan All England 2009.

Tunggal Putra.
Di bagian tunggal putra, pertarungan 2 pemain teratas dunia, antara Lee Chong Wei dan Lin Dan. Pertarungan yang menyita bayak pihak tentunya.
Pada set pertama, Lin Dan sepertinya akan memenangi pertandingan. Terlihat dari perolehan angkanya yang di atas perolehan angka Lee Chong Wei. Lin Dan unggul sampai di pertengahan babak 1, dengan skor 11-7. Namun setelah istirahat, Lee Chong Wei perlahan mengejar ketertinggalan. Dengan keyakinan yang kuat, Lee Chong Wei akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 13-13. Lee Chong Wei terus memberikan permainan yang baik dan terlihat sangat ulet mengembalikan bola-bola sulit Lin Dan. Set pertama pun akhirnya dimenangi Lee Chong Wei dengan skor 21-16.
Memasuki set kedua, Lin Dan mencoba memberikan perlawanan yang lebih sengit. Di awal-awal Lin Dan sempat unggul 5-2, namun lee Chong Wei yang bermain sangat stabil, berhasil mengejar ketertinggalan, dengan merebut 7 angka berturut-turut, sehingga unggul 9-5, dan terus memimpin hingga pertengahan set kedua dengan skor 11-8. Setelah istirahat, Lin dan mencoba kembali untuk mengejar ketertinggalan dari Lee Chong Wei, hingga akhirnya Lin Dan memaksa kedudukan menjadi 12-12, dan 14-14. Di saat-saat kritis seperti ini lah Lee Chong Wei menunjukkan kesiapannya di partai final. Menahan serangan-serangan Lin Dan yang sangat menguras tenaga, akhirnya Lee Chong wei memenangkan set kedua, sekaligus menjadi juara Swiss Super series 2009, dengan skor 21-16. Kemenangan ini merupakan balas dendam Chong Wei atas Lin Dan setelah kekalahannya di All England pekan silam.

Ganda Putri.
Di bagian ganda putri, terjadi partai ulangan olimpiade Beijing 2008. Partai ini mempertemukan pasangan China, Du Jing-Yu Yang, dan ganda terbaik Korea, Lee Hyo Jung-Lee Kyung Won.
Di awal babak partama, kejar-mengejar angka terjadi antara kedua pasangan. Kedudukan sempat imbang hingga 4-4 dan 6-6. Namun takanan-tekanan yang diberikan Du Jing-Yu Yang tidak mampu dikembalikan dengan baik oleh Lee Hyo Jung-Lee Kyung Won. Pertengahan set pertama Du Jing-Yu Yang dengan skor 11-7. Setelah istirahat, pasangan China ini terus mendominasi pertandingan. Lee Hyo Jung-Lee Kyung Won terus ditekan, dan akhirnya set pertama dimenangkan oleh Du Jing-Yu Yang, dengan skor 21-11.
Memasuki set kedua, keadaan tidak banyak berubah. Meskipun pasangan Korea memberikan memberikan perlawanan dan menyamakan kedudukan hingga 6-6, namun Du Jing-Yu Yang lengsung mengunci pertandingan dengan keunggulan 11-6. Setelah istirahat selesai, Pasangan Korea sempat mengambil 2 poin awal. Namun pasangan China kembali menekan permainan, dan akhirnya set kedua juga dimenangkan oleh Du Jing-yu Yang dengan skor 21-12, sekaligus mengukuhkan gelar Swiss Super Series 2009.

Ganda Putra.
Satu-satunya partai yang tidak terdapat wakil China adalah partai ganda putra. Di bagian ganda putra, mempertemukan pasangan Malaysia, Koo Kien Keat-Tan Boon Heong, melawan pasangan Denmark Mathias Boe-Carsten Mogensen.
Di babak pertama, kedua pemain terlihat berhati-hati. Pertandingan sempat imbang hingga kedudukan 9-9. Namun, Koo Kien Keat-Tan Boon Heong, langsung melesat, dengan mengambil 6 angka berturut-turut. Boe-Mogensen sempat memperkeci ketertinggalan, namun Koo Kien Keat-Tan Boon Heong sudah tidak terbendung. Alhasil pasangan Malaysia inipun menutup set pertama dengan kemenangan 21-14.
Memasuki awal set kedua, pasangan Denmark mulai memberikan perlawanan. Berkali-kali kedua pasangan ini memimpin pertandingan. Koo kien Keat-Tan Boon Heong akhirnya unggul tipis 11-10, sebelum istirahat. Sempat menyamakan kedudukan, pasangan Denmark ini akhirnya kembali tertinggal, setelah Koo Kien Keat-Tan Boon heong merebut 6 angka berturut-turut, menjadi 17-11. Boe-Mogensen mencoba untuk mengejar kembali perolehan angka, namun kembali, pasangan Malaysia tidak terbendung, dan akhirnya memenangi pertandingan di set kedua, dengan skor 21-18, dan berhak atas gelar juara Swiss Super Series 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar