Minggu, 08 Maret 2009

Result Final All England 2009: China Sapu Bersih

All England 2009 sungguh sensasional. Mengapa tidak, hal ini terjadi karena semua pemain China berhasil menggondol semua juara pertandingan yang berlangsung. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Berikut liputan singkat pertandingan pamungkas All England 2009.

Ganda Campuran
Partai pertama final All England adalah ganda campuran, dimana mempertemukan pasangan Korea, Ko Sung Hyun-Ha Jung Eun, melawan pasangan China, He Hanbin-Yu Yang. Partai ini ternyata menjadi partai pembuka yang sangat menarik. Hal ini terjadi karena pasangan Korea ini memulai pertandingan dari babak kualifikasi.
Pada babak pertama, pasangan Sung Hyun-Jung Eun, mendominasi permainan. Alhasil babak pertama dimenangi dengan skor 21-13. Akan tetapi momentum ini gagal dimanfaatkan dengan baik pada babak kedua. Di babak kedua, pasangan Hanbin-Yu Yang mulai menemukan bentuk permainannya. Babak kedua pun berjalan dengan ketat, namun akhirnya dimenangkan oleh Hanbin-Yu Yang dengan skor 21-15. Di babak penentuan, dominasi Hanbin-Yu Yang sudah tidak terbendung lagi. Sung Hyun-Jung Eun seperti kehabisan akal untuk mengatasi permainan Hanbin-Yu Yang. Alhasil permainan pun dimenangkan oleh Hanbin-Yu Yang dengan skor 21-9.

Tunggal Putra
Partai kedua pada penyelenggaraan All England 2009 adalah tunggal putra. Tunggal putra kali ini mempertemukan seteru abadi dan partai ulangan dari Olimpiade Beijing 2008, antara Lin Dan dan Lee Chong Wei. Pertandingan ini menyedot banyak perhatian tentunya.
Di babak pertama, pertandingan sangat alot, dan saling kejar-mengejar angka. Namun ketekunan dan kesabaran Lin Dan membuahkan hasil. Babak pertama pun dimenangkan Lin Dan dengan skor 21-19. Memasuki babak kedua, situasi pertandingan tidak berubah, sampai pertengahan set. Kejar-mengejar masih terjadi. Namun setelah paruh set, Lin Dan seperti sudah tak terkejar lagi, dan akhirnya memenangi pertandingan di set kedua dengan skor 21-12. Lin Dan pun menjadi juara All England 2009.

Ganda Putri.
Di bagian ganda putri, China sudah dapat dipastikan meaih gelar, karena pada final ganda putri, terjadi All Chinese Final, antara pasangan Cheng Shu-Zhao Yunlei melawan seniornya, Zhang Yawen-Zhao Tingting. Pertandingan ini merupakan pertandingan antar generasi, karena pasangan Cheng Shu-Zhao Yunlei ini adalah pasangan yang bisa dikatakan masih junior.
Pada babak pertama, Yawen-Tingting langsung menggebrak pertahanan juniornya. Sempat terjadi kejar-mengejar angka, namun akhirnya pertandingan ini dmenangkan oleh Yawen-Tingting dengan skor 21-13. Memasuki babak kedua, pasangan Cheng Shu-Zhao Yunlei berusaha untuk mengimbangi permainan seniornya. Namun pasangan Yawen-Tingting tidak bisa dikalahkan begitu saja, tetapi di babak kedua malah makin menjadi. Hasilnya di babak kedua pun dimenangkan oleh Yawen-Tingting dengan skor 21-15.

Tunggal putri.
Di bagian tunggal putri, juga terjadi pertemuan antar generasi, antara juara bertahan asal Denmark, Tine Rasmussen, melawan pemain masa depan China, Wang Yihan. Pertandingan ini menyita perhatian banyak pihak, karena Tine telah menggalkan terjadinya All Chinese Final di bagian tunggal putri, setelah sebelumnya mengalahkan pemain China lainnya, Jiang Yanjiao.
Di babak pertama, kejar-megejar angka terjadi antara kedua pemain. Namun set pertama ini berhasil dimenangkan oleh Yihan, dengan kemenangan tipis 21-19. Memasuki babak kedua, kejar-mengejar angka semakin ketat, dan silih berganti memimpin pertandingan. Babak kedua pun harus diakhiri dengan deuce dan akhirnya dimenangkan oleh Tine Rasmussen dengan skor 23-21. Permainan pun harus dilalui dengan rubber set. Di babak penentuan, Wang Yihan benar-benar menjaga permainannya, dan tidak ingin membuang bola begitu saja. Sementara Tine sendiri sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil, yang berakibat fatal bagi perolehan poin. Akhirnya dengan penuh keyakinan dan semangat yang tinggi, Wang Yihan pun berakhir menutup pertandingan babak ketiga, dengan skor yang sngat meyakinkan, 21-11. Wang Yihan pun akhirnya menjadi juara All England 2009.

Ganda Putra.
Partai terakhir penyelenggaraan All England 2009, ditutup dengan pertandingan ganda putra, antara pasangan China Cai Yun-Fu Haifeng, melawan pasangan Korea, Han Sang Hoon-Hwang Ji Man.
Pada babak pertama, masing-masing pasangan melakukan tekanan-tekanan, sehingga kejar-mengejar angka tidak dapat dihindari. Namun dengan pengalaman yang tinggi, pasangan Cai Yun-Fu Haifeng dapat keluar dari tekanan, dan memenangi babak pertama dengan skor 21-17. Memasuki babak kedua, pasangan China tersebut sudah tidak mau lagi didikte permainannya oleh lawan. Alhasil babak kedua pun dimenangkan oleh pasangan Cai Yun-Fu Haifeng dengan skor 21-15.
Dengan hasil ini, dipastikan China berhasil melakukan sapu bersih pada All England 2009. Sebuah pencapaian yang sangat spektakuler tentunya.

2 komentar: