Minggu, 29 Maret 2009

Result Final India Open 2009: Indonesia rebut 2 gelar.


India Open 2009 usai sudah. Permainan-permainan seru terjadi di India Open 2009. Kontingen Indonesia sendiri, akhirnya berhasil membawa 2 gelar juara, melalui Taufik Hidayat, dan pasangan Flandy Limpele-Vita Marissa. Berikut ulasan singkat hasil Final India Open 2009.
Ganda Putri.
Partai final pertama India Open mempertandingkan partai ganda putri. Pada partai ini, mempertemukan pasangan Indonesia, Vita Marissa-Nadya Melati, melawan pasangan China, Ma Jin-Wang Xiaoli. Pertandingan ini diprediksi sebelumnya akan berlangsung seru.
Di babak pertama, pasangan Vita-Nadya, memulai dengan unggul 1-0. Namun Ma Jin-Xiaoli membalas dengan langsung meraih 6 angka berturut-turut, sehingga pasangan China ini unggul dengan kedudukan 6-1. Vita-Nadya berusaha untuk mengejar ketertinggalan poin, namun pasangan China ini terus menjaga jarak, hingga kedudukan di pertengahan set pertama 11-6. Setelah istirahat sejenak, pertandingan kemudian dilanjutkan. Pasangan Vita-Nadya terus berusaha mengejar ketertinggalan, hingga memperkecil selisih poin hingga 15-13. Namun Ma Jin-Xiaoli kembali meraih 5 angka berturut-turut, dan unggul 20-13. Vita Nadya hanya mampu meraih 1 poin, sebelum akhirnya set pertama dimenangkan oleh Ma Jin-Wang Xiaoli dengan kedudukan 21-14.
Memasuki babak kedua, kedua pasangan bermain lebih ketat, kejar mengejar angka terlihat di babak-babak awal. Sempat kedudukan imbang 2-2, pasangan China memperoleh 5 angka berturut-turut sehingga unggul 7-3. Vita-Nadya mencoba memperkecil jarak, hingga tertinggal 1 poin, menjadi 7-6. Namun, pasangan China sepertinya tidak mau lengah, dan selelu menjaga jarak perolehan poin, dan hingga pertengahan babak kedua, pasangan Ma Jin-Wang Xiaoli unggul dengan skor 11-8. Setelah, break pasangan China ini terus meninggalkan pasangan Indonesia, dan akhirnya set kedua ditutup dengan kemenangan pasangan Ma Jin-Wang Xiaoli dengan skor 21-13.
Hasil ini sudah merupakan hasil yang baik bagi pasangan Vita Marissa-Nadya Melati, mengingat ini turnamen pertama mereka, setelah mereka berpasangan.
Tunggal Putri.
Partai kedua India Open 2009, mempertandingkan partai tunggal putri. Partai ini mempertemukan unggulan teratas asal Prancis, Pi Hongyan, melawan unggulan 5 asal Malaysia, Julia Wong Pei Xian.
Di babak pertama, kedua pemain bermain sangat hati-hati. Terlihat perolehan poin yang saling mengejar. Di awal babak pertama, Julia sempat unggul dengan kedudukan 5-2, namun Pi Hongyan mengejar ketertinggalan dengan selisih 1 poin, menjadi 5-4. Kejar mengejar angka pun terus terjadi, namun 4 angka berturut-turut yang diperoleh Pi Hongyan membuatnya unggul di pertengahan babak pertama menjadi 11-9. Setelah break, kejar-mengejar angka kembali tak bisa dihindari. Julia memperoleh 4 angka kritis, sehingga unggul menjadi 13-11. Pi Hongyan pun mengejar kembali, sehingga perolehan angka sempat imbang menjadi 15-15. Namun, Julia akhirnya berhasil mengambil poin-poin penting dan akhirnya menutup set pertama dengan keunggulan 21-17.
Memasuki babak kedua, keadaan tidak jauh berbeda. Kejar-mengejar angka masih terjadi. Pi Hongyan sempat unggul 2-0 di awal babak kedua. Namun Julia membalas nya dengan menyamakan kedudukan menjadi 2-2, dan akhirnya unggul hingga kedudukan 5-3. Enam angka berturut-turut yang direbut Pi Hongyan, membuat pemain Prancis ini leading dengan kedudukan 9-5. Julia pun terus berusaha mengejar keteringgalannya, hingga pada akhirnya Julia unggul tipis 11-10, di pertengahan babak kedua. Setelah break, Pi Hongyan menyamakan kedudukan menjadi 11-11, dan akhirnya memperoleh 5 angka beruntun, yang membuat dia unggul menjadi 16-12. Julia berusaha memperkecil ketertinggalan, namun Pi Hongyan bermain lebih baik, hingga akhirnya set kedua ditutup dengan kemenangan Pi Hongyan dengan kedudukan 21-15. Pertandingan rubber set pun akhirnya harus dilakukan.
Di babak ketiga, kedua pemain terlihat masih memperlihatkan permainan terbaiknya. Pi Hongyan unggul terlebih dahulu 3-0, di awal babak ketiga. Enam angka yang diperoleh Julia, membuat pemain Malaysia ini unggul menjadi 7-4. Kejar-mengejar angka pun tak terhindarkan, hingga kedudukan imbang 8-8. Namun, Pi Hongyan sepertinya bermain lebih baik, hingga pertengahan babak kedua dan setelah break, Pi Hongyan jauh meninggalkan Julia, dengan kedudukan 13-9. Julia masih terus berusaha untuk mengajar ketertinggalan, namun, Pi Hongyan yang sudah berada di atas angin, tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, dan akhirnya babak ketiga pun ditutup dengan membawa kemenangan buat Pi Hongyan, dengan skor 21-14.
Ganda Putra.
Partai selanjutnya India Open adalah ganda putra. Partai ini mempertemukan unggulan teratas asal Malaysia, Chong Tan Fook-Lee Wan Wah, melawan pasangan Singapura, hendri Kurniawan Saputra-Hendra Wijaya.
Pada babak pertama, pertandingan sebenarnya terlihat sangat tidak seimbang. Pada awal-awal babak pertama, pasangan Tan Fook Wan Wah langsung leading dengan kedudukan 4-1, namun Hendri-Hendra berusaha mengejar, hingga kedudukan 6-5. Namun Tan Fook-Wan Wah sepertinya tidak mau memberikan celah untuk pasangan Hendri-Hendra, hingga akhirnya di pertengahan babak pertama, Tan Fook-Wan Wah unggul 11-6. Setelah break, permainan tidak bayak berubah, dengan perolehan angka buat pasangan Malaysia tersebut, hingga akhirnya babak pertama ditutup Tan Fook-Wan Wah dengan kemenangan 21-9.
Memasuki babak kedua, Hendri-Hendra bermain lebih hati-hati. Terlihat dari perolehan angka yang terus berimbang hingga kedudukan 5-4 untuk keunggulan Tan Fook-Wan Wah. Namun, Tan Fook-Wan Wah kembali menemukan permainan terbaiknya, dan tidak mau kehilangan kesempatan, dan akhirnya, unggul kembali hingga pertengahan babak kedua, dengan skor 11-7. Setelah break, pasangan Malaysia ini terus leading, dan sangat sulit untuk dikejar oleh pasangan Singapura tersebut. Akhirnya, babak kedua pun dimenangkan oleh Chong Tan Fook-Lee Wan Wah, dengan perolehan skor 21-11.
Tunggal Putra.
Partai keempat India Open mempertandingkan partai tunggal putra. Pada partai final ini, mempertemukan jagoan Indonesia, yang diunggulkan ditempat ke-2, Taufik Hidayat, melawan jagoan Malaysia yang merupakan unggulan 10 asal Malaysia, Muhammad Hafiz Hashim.
Pada babak pertama, kedua pemain bermain terlihat sangat hati-hai, dan sering terjadi kejar-mengejar angka. Kedudukan sempat imbang hingga 4-4, Namun Taufik berusaha meninggalkan Hafiz hashim Hingga akhirnya unggul jauh di pertengahan babak pertama dengan skor 11-6. Setelah break, Taufik masih terus memimpin pertandingan, meskipun Hafiz Hashim berusaha untuk memperkecil ketertinggalan. Babak pertama pun akhirnya dimenangkan Oleh taufik dengan kemenangan 21-18.
Memasuki babak kedua, Hafiz Hashim berusaha untuk bermain lebih lepas. Terbukti dengan sempat unngul 4-2. Namun, taufik membalasnya dengan keunggulan menjadi 7-4. Taufik pun terus unggul hingga kedudukan 9-5. Namun Hafiz Hashim berhasil mengejar ketertinggallan dan akhirnya unggul hingga 11-10, di pertengahan babak kedua. Setelah break, kejar-mengejar angka sudah tidak terhindarkan lagi. Kedua pemain yang sudah mempunyai segudang pengalaman ini, akhirnya berada pada skor yang sama, 19-19, sebelum akhirnya, Taufik mengambil 2 poin kritis, dan menutup pertandingan dengan kemenangan 21-19.
Ganda Campuran.
Partai terakhir penyelenggaraan India Open adalah partai ganda campuran. Pada partai ini, mempertemukan unggulan 3 asal Indonesia, Flandy Limpele-Vita Marissa, melawan unggulan 2 asal India, Diju V-Jwala Gutta.
Pada babak pertama, kedua pemain bermain sangat apik. Namun, pengalaman bertanding yang tinggi, membuat Flandy Limpele-Vita Marissa unggul dalam permainan. Set pertama pun akhirnya dimenangkan oleh Flandy-Vita, dengan perolehan skor 21-14.
Di set kedua, pertandingan terasa lebih ketat, terbukti, dari awal babak edua sampai akhir babak kedua, kedua pemain terus menerus kejar-mengejar angka. Di babak kedua ini, Flandy-Vita sempat tertinggal di akhir-akhir pertandingan. Namun, dengan segudang pengalaman, akhirnya Flandy-Vita berhasil kembali merebut set kedua, dengan keunggulan 21-17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar