Rabu, 11 Maret 2009

Result Babak Pertama Swiss Super Series 2009: Wakil Indonesia Bertumbangan

Hari kedua penyelenggaraan Swiss Super Series, sejumlah pemain Indonesia yang bermain di babak utama mulai berguguran. Sangat disayangkan memang, karena masih di babak-babak awal. Berikut ulasan singkat perjuangan wakil Indonesia di Swiss Super Series 2009.

Tunggal Putra.
Di bagian tunggal putra, Indonesia diwakili oleh Simon Santoso, dan Taufik Hidayat. Namun sayang Simon Santoso harus menelan pil pahit di Swiss Super Series kali ini. Simon harus bertekuk lutut ditangan pemain kawakan Malaysia, Wong Chong Hann, dengan skor 3 set, 12-21, 21-14, 19-21. Wong Chong Hann sendiri, di babak kedua akan berjumpa dengan pemain asal Inggris, Andrew Smith. Sementara itu, Taufik Hidayat tanpa kesulitan berarti berhasil melangkah ke babak kedua, setelah mengalahkan pebulutangkis Finlandia, Ville Lang, dengan 2 set langsung, 21-18, 21-10. Di babak kedua, Taufik sudah menghadapi musuh yang relatif berat, Gong Weijie, setelah sebelumnya mengalahkan pemain Jepang, Sho Sasaki, dengan skor 21-16, 22-20.
Di bagian lain, para unggulan masih belum terhadang di babak pertama. Unggulan pertama asal Malaysia, Lee Chong Wei, melangkah mulus ke babak kedua, setelah di ababk pertama mengalahkan pemain Jepang, Kenichi Tago, dengan skor 21-18, 21-12. Di babak kedua Chong Wei akan berjumpa dengan pebulutangkis Thailand, Boonsak Ponsana, yang sebelumnya mengalahkan pebulutangkis Belanda, Eric Pang, dengan skor 21-18, 21-10. Unggulan kedua asal China, Lin Dan juga berhasil ke babak kedua, setelah mendapat perlawanan yang sangat sengit dari pebulutangkis India, Arvint Bhat. Lin Dan akhirnya memenangi pertandingan dengan skor 19-21, 21-17, 21-16. Di babak kedua, Lin Dan akan berjumpa dengan sesama pemain China, Lu Yi, yang sebelumnya mengalahkan pemain masa depan Korea, Hong Ji Hoon, dengan skor 21-18, 21-12.

Tunggal Putri.
Di bagian tunggal putri, nasib buruk harus diperoleh oleh wakil-wakil Indonesia. Dua wakil Indonesia, Adrianti Firdasari, dan Pia Zebadiah Bernadeth, harus tersingkir di babak pertama. Firda, harus mengakui ketangguhan unggulan 4 asal Prancis, Pi Hong Yan, dengan skor 3 set, 21-17, 19-21, 12-21. Pi Hong Yan sendiri nantinya di babak kedua akan berhadapan dengan pemain Belanda, Yao Jie, yang sebelumnya mengalahkan pebulutangkis Skotlandia, Susan Hughes, dengan skor 21-13, 21-19. Sementara itu, Pia, juga tak mampu untuk memberikan terbaiknya, sehingga harus mengakui keunggulan pemain Jepang, Megumi Taruno. Pia kalah 2 set langsung, 15-21, 15-21. Di babak kedua, Megumi taruno akan menantang unggulan utama (2) asal Hongkong, Zhou Mi, setelah sebelumnya mengalahkan pemain asal Slovakia, Maja Tvrdy, 21-11, 21-11.
Sementara itu, duel sesama pemain China sudah harus terjadi di babak kedua. Unggulan 7, Wang Lin, harus berjumpa dengan rekannya, Juara All England 2009, Wang Yihan. Demikian pula halnya dengang Xie Xingfang, yang harus berjumpa dengan rekannya, Jiang Yanjiao. Duel sesama negara juga harus terjadi antar pemain Jerman. Unggulan 8, Xu Huaiwen, akan berjumpa dengan rekannya, Juliane Schenk di babak kedua.

Ganda Putra.
Di bagian ganda putra, Indonesia mewakilkan 4 pasangannya di Swiss Super Series 2009. Namun sayang, 2 pasangan sudah harus tersisih di babak-babak awal. Pasangan Rian Sukmawan-Yonathan Suryatama Dasuki, yang berhadapan dengan pasangan Jepang, Kenichi Hayakawa-Kenta Kazuno, harus mengakui keunggulan pasangan Jepang tersebut. Rian-Yoke menyerah 2 set langsung, 18-21, 18-21. Di babak kedua, pasangan Jepang ini akan berjumpa dengan pasangan Korea, Cho Gun Woo-Ko Sung Hyun. Demikian pula halnya dengan pasangan Bona Septano-Mohamad Ahsan. Bona-Ahsan harus menyerah dari pasangan China, Guo Zhendong-Xu Chen, 2 set langsung, 14-21, 14-21. Di babak kedua, pasangan China ini akan berhadapan dengan unggulan 3 asal Denmark, Mathias Boe-Carsten Mogensen, yang sebelumnya mengalahkan finalis All England 2009, Han Sang Hoon-Hwang Ji Man.
Pasangan Indonesia yang tersisa, adalah pasangan Joko Riadi-Candra WIjaya dan pasangan Alvent Yulianto Chandra-Hendra Aprida Gunawan. Pasangan Joko-Chandra di babak pertama mengalahkan pasangan Polandia, Adam Cwalina-Wojciech Szkudlarczyk, dengan skor 21-10, 21-16. Di babak kedua pasangan Joko-Candra akan berhadapan dengan unggulan utama asal Malaysia, Koo Kien Keat-Tan Boon Heong. Sementara itu, pasangan Alvent-Hendra, berhasil meredam perlawanan pasangan Jerman, Peter Kasbauer-Roman Spitko, 21-12, 21-14. Di babak kedua, pasangan Alvent-Hendra akan berhadapan dengan unggulan 5 asal Korea, Lee Yong Dae-Shin Baek Cheol.
Kejutan terjadi di babak awal, ketika unggulan 4 asal Malaysia, Mohd Zakry Abdul Latif-Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari. Pasangan ini harus mengakui keunggulan pasangan Jepang, Shintaro Ikeda, Shuichi Ssakamoto, dengan skor 21-14, 19-21, 9-21. Pasangan Jepang ini di babak kedua akan berjumpa dengan pasangan Inggris, Chris Addcock-Robert Blair, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Jerman, Michael Fuchs-Ingo Kindervater, 13-21, 21-18, 21-15.

Ganda Putri.
Di bagian ganda putri, Indonesia mengirimkan 2 pasangannya. Kedua pasangan Indonesia ini berhasil melaju ke babak kedua. Unggulan 8, Shendy Puspa Irawati-Meiliana Jauhari tanpa kesulitan berarti berhasil mengalahkan pasangan Jerman, Sandra Marinello-Birgit Overzier, dengan skor 21-16, 21-14. Di babak kedua Shendi-Meili akan berjumpa dengan pasangan Korea, Jang Ye Na-Kim Mi Young, yang sebelumnya mengalahkan wakil tuan rumah lainnya, Sanya Herzig-Tenzin Pelling, dengan skor 21-6, 21-15. Begitu pula halnya dengan pasangan Nitya Krishinda Maheswari-Greysia Polii, yang berhasil mengalahkan pasangan Swiss, Monika Fischer, Marion Gruber. Di babak kedua, Nitya-Greys akan berjumpa unggulan 6 asal Denmark, Lena Frier Kristiansen-Kamilla Rytter Juhl, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Jerman-Kanada, Nicole Grether-Charmeine reid, dengan skor 21-13, 21-10.
Di bagian lain, pemain-pemain unggulan berhasil melaju ke babak selanjutnya. Unggulan teratas asal China Taipei, Cheng Wen Hsing-Chien Yu Chin, mengalahkan pasangan Swiss-jerman, Sabrina Angehrn-Claudia Vogelgsang, dengan skor 21-8, 21-10. Demikian pula halnya dengan unggulan kedua asal Malaysia, Chin Eei Hui-Wong Pei Tty, yang tanpa kesulitan mengalahkan pasangan Cezka, Petra Hofmanova-Sarka Krizkova, dengan skor 21-14, 21-4.

Ganda Campuran.
Di ganda campuran, 2 pasangan Indonesia berhasil melangkah ke babak kedua. Unggulan utama, Nova Widianto-Lilyana Natsir melangkah ke babk kedua, setelah mengalahkan pasangan Inggris, David Lindley-Suzanne Rayappan, dengan skor 3 set, 21-12, 18-21, 21-13. Di babak kedua, Nova-Lilyana akan berjumpa dengan finalis All England 2009, Ko Sung Hyun-Ha Jung Eun, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Korea lainnya, Han Sang Hoon-Kim Min Jung, 21-12, 24-22.
Sementara itu, Devin Lahardi-Lita Nurlita, melangkah ke babak kedua, setelah berhasil mengalahkan pasngan Belanda, Ruud Bosch-Paulien Van Doormalen, dengan skor 21-17, 21-10. Namun di babak kedua, Devin-Lita akan menemui lawan berat, unggulan 3 asal China He Hanbin-Yu Yang, yang sebelumnya mengalahkan pasangan China Taipei, Lee Sheng Mu-Cheng Shao Chiech, 21-9, 21-13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar