Rabu, 25 Maret 2009

Result Babak Pertama India Open 2009 : Maria langsung tumbang.

Setelah Swiss Super Series berakhir, Turnamen akbar mulai memasuki babak baru. Kali ini, India akan menjadi sorotan para pecinta Bulutangkis dunia. Saat ini, India menyelenggarakan salah satu turnamen yang terbilang besar, yakni Yonex Sunrise India Open2009. Sejumlah pemain Indonesia ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Memang, pemain yang ikut ambil bagian dalam turnamen ini, secara rata-rata masih kalah dibandingkan dengan turnamen super series. Namun pemain tunggal putra nomor wahid dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Berikut hasil singkat babak pertama India Open 2009, dan perjuangan para pemain “merah putih” untuk merebut tiket ke babak berikutnya.
Tunggal Putra.
Di bagian tunggal putra, Indonesia mengirim 3 wakilnya ke turnamen ini. Mereka adalah taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, dan Andre Kurniawan. Taufik dan Andre sendiri merupakan pemain yang diunggulkan dalam turnamen ini. Pada pertandingan babak pertama dan kedua di India, ketiga pemain Indonesia ini berhasil membungkam lawan-lawannya, sehingga berhak melaju ke babak ketiga.
Taufik Hidayat yang menjadi unggulan kedua, di babak pertama berhasil membungkam perlawanan pemain tuan rumah, Nandagopal K, dengan skor mudah, 21-8, 21-13. Kemudian pada hari yang sama Taufik di babak kedua berhasil mengalahkan pemain Hongkong, Hu Yun, namun kali ini dengan skor 3 set, 18-21, 21-18, 21-19. Di babak ketiga nanti, Taufik akan dihadang pemain tuan rumah lainnya, yang menjadi unggulan kesembilan, Arvind Bhat.
Andre Kurniawan, yang menjadi unggulan 5, pada babak pertama dan kedua berhasil mengalahkan para pemain tuan rumah. Di babak pertama, Andre menghentikan Nigel Dsa, dengan skor telak, 21-8, 21-8. Sedangkan di babak kedua, Andre harus bermain 3 set, sebelum akhirnya mengalahkan Mohit Kamat, dengan skor 11-21, 21-8, 21-10. Di babak ketiga nanti, Andre akan dihadang pemain Malaysia, Chan Kwong Beng.
Tommy Sugiarto, yang merupakan wakil dari Pelatnas PBSI, juga berhasil melangkah ke babak selanjutnya. Sama halnya dengan Andre, Tommy berhasil mengalahkan para pemain tuan rumah. Di babak pertama, Tommy harus berjuang 3 set, sebelum akhirnya mengalahkan Kashyap P, dengan skor 21-17, 17-21, 21-14. Di babak kedua, Tommy kembali merebut kemenangan atas Tanishak K, dengan skor 2 set langsung, 21-18, 21-10. Di babak selanjutnya, Tommy akan berjumpa dengan jagoan Malaysia, Sairul Amaar Ayob.
Kejutan terjadi di bagian tunggal putra. Hal ini terjadi karena unggulan utama dan juga peringkat 1 dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, harus tumbang di babak pertama. Adalah Chen Long, pemain asal China, yang berhasil mengalahkan Lee Chong Wei, dengan skor 3 set, 7-21, 21-16, 21-18.
Tunggal putri.
Di bagian tunggal putri, Indonesia hanya mengirimkan 1 wakil di India Open 2009, yakni Maria Kristin yang kali ini diunggulkan di tempat keempat. Ini merupakan turnamen perdana yang diikuti oleh Maria pada tahun 2009 ini. Namun sayang, di babak pertama, Maria sudah harus tersisih, oleh pemain asala Singapura, Zhang Beiwen, dengan skor 3 set, 21-18, 11-21, 19-21. Dengan kekalahan Maria ini, Indonesia sudah tidak memiliki wakil di bagian tunggal putri.
Sementara itu, para pemain unggulan lain, melangkah mulus ke babak selanjutnya. Unggulan utama asal Prancis, Pi Hongyan, tanpa menemui banyak kesulitan berhasil melangkah ke babak kedua, setelah mengalahkan pemain tuan rumah, Trupti Murgunde, dengan skor 21-18, 21-18. Di babak selanjutnya, Pi Hongyan akan berjumpa wakil dari China, Wang Shixian, yang sebelumnya mengalahkan pemain tuan rumah lainnya, Neha Pandit, dengan skor 21-13, 21-11.
Ganda Putra.
Di bagian ganda putra, Indonesia , diwakili oleh 4 pasangan. Mereka adalah Fernando Kurniawan-Lingga Lie (unggulan 3), Joko Riyadi-Candra Wijaya (unggulan 5), Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan, dan pasangan muda Wifqi Windarto-Afiat Yuris Wirawan. Dari 4 pasangan ini, 3 diantaranya berhasil melangkah ke babak kedua.
Unggulan 3, Fernando Kurniawan-Lingga Lie, berhasil melangkah ke babak kedua, setelah pada babak pertama, berhasil melewati hadangan pasangan China, Chai Biao-Liu Xiaolong, dengan skor 3 set, 21-17, 19-21, 21-16. Namun sayang pada babak kedua, Edo-Lingga harus berjumpa dengan sesama pemain Indonesia, Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan. Alvent-Hendra sendiri, di babak pertama berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah, Anup Sridhar-Diju V, dengan skor 2 set langsung, 21-15, 2-7.
Di bagian lain, unggulan 5, Joko Riyadi-Candra Wijaya berhasil mengalahkan pasangan Hongkong Yohan Hadikusumo Wiratama-Wong Wai Hong, untuk melaju ke babak kedua. Joko-Candra menang dengan skor 12-21, 21-15, 21-15. Di babak selanjutnya, Joko-Candra akan berjumpa dengan pasangan India, Sai Praneeth B-Pranav Chopra.
Sementara itu, kekalahan diperoleh oleh pasangan muda, Wifqi Windarto-Afiat Yuris Wirawan. Wifqi-Yuris, harus mengakui keunggulan pemain Malaysia, yang menjadi unggulan 6, Hoon Thien How-Lin Woon Fui, dengan skor 7-21, 18-21.
Para pemain unggulan masih belim terhadang di bagian ganda putra. Unggulan utama asal Malaysia, Chong Tan Fook-Lee Wan Wah, berhasil melangkah ke babak selanjutnya, setelah di babak pertama berhasil menjegal pasangan tuan rumah, Vinayak N.N-Vinay Kumar k.Reddy, dengan skor 3 set, 21-10, 21-23, 21-7. Di babak kedua pasangan Malaysia ini akan berhadapan dengan pasangan Singapura, Danny Bawa Chrisnanta-Chayut Trichayart.
Ganda Putri.
Di bagian ganda putri, Indonesia diwakili oleh 4 pasangan. Mereka adalah Vit Marissa-Nadya Melati, Jo Noita-Endang Nursugianti, Anneke Feinya Agustin-Annisa Wahyuni, dan Komala Dewi-Debby Susanto. Keempat pasangan ini berhasil melangkah ke babak selanjutnya.
Komala Dewi-Debby Susanto, berhasil mengalahkan pasangan India, Dhanya Nair-Anita Olhan, dengan skor 21-8, 21-17. Di babak selanjautnya, Komala-Debby akan berjumpa unggulan utama asal Singapura, Shinta Mulia Sari-Yao Lei, yang di babak sebelumnya mendapat bye.
Sementara itu, pasangan Vita Marissa-Nadya Melati berhasil melewati hadangan pemain China di babak pertama, Wang Siyun-Zhang Jinkang, dengan kemenangan 2 set langsung, 21-19, 21-13. Di babak kedua, Vita-Nadya akan berjumpa dengan pasangan Malaysia, Ng Marylen Poau Leng-Woon Khe Wei.
Dua pasangan Indonesia lainnya juga berhasil ke babak kedua. Jo Novita-Endang Nursugianti malangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Ashwini Ponnappa-Nitya Sosale, dengan skor 21-23, 21-15, 21-18. Sedangkan pasangan Anneke Feinya Agustin-Annisa Wahyuni berhasil ke babak kedua, setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Nairul Suhaida Abdul Latif-Goh Liu Ying, dengan skor 21-17, 16-21, 21-15.
Ganda Campuran.
Di bagian ganda campuran, Indonesia diwakili oleh 5 pasangan. Tiga dari 5 pasangan ini berhasil melangkah ke babak kedua.
Pasangan Indonesia yang menjadi unggulan3, Flandy Limpele-Vita Marissa, mendapat bye di babak pertama. Flandy-Vita di babak kedua akan berjumpa dengan pasangan China, Shen Ye-ma Jin, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Indonesia, Alvent Yulianto-Jo Novita, 21-11, 21-18.
Sementara itu, pasangan Tantowi Ahmad-Puspita Richi Dili, berhasil melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Mohd Lutfi Zaim Abdul Khalid-Lim Yin Loo, dengan skor 21-16, 12-21, 24-22. Di babak selanjutnya Tantowi-Richi akan berjumpa pasangan tuan rumah, Mohita Sachdev-Tanveer Gill.
Di bagian lain, pasangan Muhammad Rijal-Debby Susanto, berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah. Alwin francis-Jyotshna Polavarapu, dengan skor 21-11, 21-16. Di babak kedua, Rijal-debby akan berjumpa dengan unggulan 4 asal Prancis, Baptiste Careme-Laura Choinet.
Satu pasangan Indonesia lainnya, Hendra Aprida Gunawan-Endang Nursugianti, harus mengalami kekalahan. Hendra-Endang kalah dari pasangan Malaysia Mak Hee Chun-Nairul Suhada Abdul Latif, 21-13, 21-10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar