Minggu, 11 Januari 2009

Final Malaysia Super Series 2009

Akhirnya penyelenggaraan Malaysia Super Series 2009 usai sudah. Penyelenggaraan ini terbilang cukup sukses, meskipun Malaysia Super Series 2009, dirasa kurang lengkap. Hal ini terjadi karena sejumlah pemain-pemain top China tidak ikut ambil bagian dalam event bergengsi ini. Namun, persaingan masih sangat ketat. Para pemain tuan rumah, ditambah pemain-pemain dari Indonesia, Korea, Denmark, masih sangat memeriahkan event ini.
Korea, yang menempatkan 4 wakilnya di babak final, akhirnya berhasil memperoleh gelar terbanyak, yakni 2 gelar. Gelar tersebut diperoleh dari sektor ganda putri, dan ganda putra.
Pada bagian ganda putri, pasangan peraih medali perak olimpiade Beijing asal Korea, Lee Kyong Won/Lee Hyo Jung berhasil membawa pulang gelar, setelah pada babak final mengalahkan pemain veteran China yang sebelumnya sudah mengumumkan mengundurkan diri, Yang Wei Zhang Jiewen 21-12, 21-15. Pencapaian pemain China ini memang cukup spektakuler, karena sebelumnya mereka sudah mengumumkan untuk mengundurkan diri, setelah Olimpiade Beijing 2008 silam.
Pada bagian ganda putra, pasangan ganda No 1 Korea, dan juga peringkat 2 dunia saat ini, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung berhasil mengalahkan pasangan baru muka lama Indonesia, Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan, dengan skor 18-21, 21-14, 21-14. Pertandingan yang sangat seru memang. Hasil ini merupakan suatu pencapaian yang sangan bagus bagi pasangan baru tersebut, setelah sebelumnya di babak semi final juga membuat kejutan, mengalahkan Juara Dunia dan Olimpiade Beijing, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan. Semoga kestabilan pasangan ini tetap terjaga, dan mampu mengharumkan nama Indonesia nantinya.
Kontingen dari Indonesia akhirnya hanya mampu membawa pulang satu gelar juara, melalui pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir, setelah mengalahkan pasangan Korea, yang juga Juara Olimpiade Beijing, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung, dengan skor 21-14, 21-19. Final ini merupakan ulangan dari final Olimpiade Beijing, dimana sebelumnya pada Olimpiade tersebut, pasangan Korea tersebut berhasil mengalahkan pemain Indonesia. Sehingga, hasil Malaysia Super Series ini, bisa dikatakan sebagai ajang balas dendam bagi pasangan Nova Widianto/Lilyana Natsir.
Denmark dan tuan rumah Malaysia juga berhasil memboyong satu gelar pada event ini. Denmark berhasil merebut gelar di sektor tunggal putri, setelah Tine Rasmussen berhasil mengalahkan pemain asal Hongkong, dan juga pemain peringkat 1 dunia saat ini, Zhou Mi, dengan skor yang cukup ketat, 21-17, 15-21, 21-16.
Malaysia berhasil memperoleh gelar dari sektor tunggal putra, melaui pemain yang menduduki peringkat 1 dunia saat ini, Lee Chong Wei, setelah di final berhasil mengalahkan pemain no 1 Korea Park Sung Hwan, dengan skor 21-14, 21-13. Hasil ini menambah sederet gelar bagi Lee Chong Wei, setelah terkhir menyabet gelar pada Turnamen Final Super Series, yang juga diselenggarakan di Malaysia, desember silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar