Kamis, 09 April 2009

Result Babak Kedua Asian Badminton Championship: tinggal Kido-Hendra

Babak kedua turnamen Asian Badminton Championship, sejumlah besar pemain China tak terbendung untuk melaju ke babak brikutnya. Walaupun China tidak diperkuat seluruh pemain intinya, namun hasilnya sungguh sangat menakjubkan, karena sebagian besar pemainnya berhasil menembus babak perempat final. Berikut liputan singkat hasil Asian Badminton Championship 2009.
Tunggal Putra.
Di bagian tunggal putra, unggulan teratas asal Thailand, Boonsak Ponsana, harus angkat koper lebih awal, karena harus mengakui keunggulan pemain Jepang yang menjadi unggulan 9, Sho Sasaki, dengan skor 2 set langsung, 16-21, 11-21. Di babak perempat final, Sho Sasaki akan berjumpa dengan pemain China, Zhou Wenlong, yang sebelumnya berhasil mengalahkan pemain tuan rumah, Lee Cheol Ho, dengan skor 21-14, 22-20.
Unggulan teratas yang masih tersisa di bagian tunggal putra adalah pemain asal China, si jangkung Bao Chun Lai. Bao Chun Lai sebelumnya berhasil menumbangkan pemain masa depan Malaysia, yang menjadi unggulan 14, Kuan Beng Hong, dengan skor 3 set, 21-16, 10-21, 21-13. Di babak perempat final, Bao akan berjumpa dengan jagoan India, Parupalli Kashyap, yang sebelumnya menjungkalkan unggulan 7 asal Vietnam, Nguyen Tien Minh, dengan skor 21-19, 17-21, 21-11.
Secara keseluruhan, China meloloskan 4 pemainnya di babak perempat final. Mereka adalah Bao Chun Lai, Zhou Wenlong, Chen Long, dan Du Pengyu. Apabila keempat pemain ini berhasil melaju, maka seluruh partai semifinal di abgian tunggal putra adalah dikuasai oleh China. Satu hal yang sangat fantastis tentunya.
Tunggal Putri.
Di bagian tunggal putri, unggulan teratas, Zhou Mi, masih belum terhadang untuk melaju ke babak perempat final. Hal ini ditunjukkan dengan mengalahkan pemain masa depan China, Zhu Jingjing, dengan skor 2 set langsung, 21-19, 21-16. Di babak perempat final, Zhou Mi akan berjumpa dengan pemain China, Zhu Lin, yang sebelumnya berhasil menumbangkan pemain Thailand, Porntip Buranaprasertsuk, dengan skor 2 set, 21-6, 21-16.
Di bagian lain, unggulan 2, Lu Lan, juga berhasil melaju ke babak perempat final, setelah sebelumnya mengalahkan wakil tuan rumah, Bae Seung Hee, dengan skor 21-12, 21-12. Di babak perempat final, Lu Lan akan berjumpa seniornya, sesama pemain China, Xie Xingfang, yang sebelumnya harus bertanding 3 set melawan pemain asal China Taipei, Chiang Pei Hsin, dengan skor 21-16, 19-21, 21-14.
Tidak jauh berbeda dengan tunggal putra, di bagian tunggal putrid juga didominasi oleh pemain-pemain China. Tercatat 6 pemain China yang melaju ke babak perempat final. Mereka adalah, Lu Lan, Xie Xingfang, Wang Lin, Zhu Lin, Wang Yihan, dan Jiang Yanjiao. Bahkan duel sesama pemain China pun akan terjadi di perempat final, antara Wang Lin melawan Jiang yanjiao, dan Lu Lan melawan Xie XIngfang.
Ganda Putra.
Di bagian ganda putra, unggulan pertama Markis Kido-Hendra Setiawan masih bertahan hingga babak perempat final. Kido-Hendra sebelumnya mengalahkan wakil china, Tao Jiaming-Sun Junjie, dengan skor 3 set, 21-15, 7-21, 22-20. Di babak perempat final, Kido-Hendra akan berjumpa dengan unggulan enam asal China Taipei, Cheng Hung Ling-Lin Yu Lang, yang sebelumnya mengalahkan rekan senegaranya, Wu Chun Wei-Lin Yen Jui, dengan skor 21-16, 21-19.
Di bagian lain, unggulan 3 asal Jepang, Kenichi Hayakama-Kenta Kazuno, harus menelan pil pahit, setelah takluk ditangan pasangan China, Chai Bao-Liu Xiaolong, dengan skor 21-23, 15-21. Di babak perempat final, pasangan China ini kan berhadapan dengan unggulan 5 asal Malaysia, Hoon Thien How-Lin Woon Fui, yang sebelumnya mengalahkan pasangan tuan rumah Chung Eui Seok-Kwon Yi Goo, dengan skor 21-13, 18-21, 21-13.
Di bagian lain, Finalis All England 2009, Hwang Ji Man-Han Sang Hoon juga berhasil lolos ke babak perempat final, setelah berhasil menumbangkan unggulan 7 asal Malaysia, Khoo Chung Chiat-Ong Soon Hock, dengan skor 22-20, 21-14. Di babak perempat final, pasangan tuan rumah ini akan berjumpa dengan pasangan Thailand, Songphon Anugritayawon-Sudket Prapakamol, yang sebelumnya mengalahkan pasangan China, Li Tian-Chen Zhiben dengan skor 22-20, 22-20.
Di bagian ganda putra ini, hanya terdapat satu pasangan China yang melaju ke babak perempat final. Mereka adalah Chai Biao-Liu Xiaolong. Hal ini sungguh berbeda jika dibandingkan dengan bagian lain.
Ganda Putri.
Di bagian ganda putri, unggulan utama asal China Taipei Chen Wen Hsing-Chien Yu Chin, masih belum terbendung untuk melaju ke babak perempat final. Sebelumnya pasangan ini berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah Yoo Hyun Young-Jang Soo Young, dengan skor 21-14, 21-13. Selanjutnya di babak perempat final Cheng-Chien akan berjumpa dengan pasangan Jepang, Mizuki Fujii-Reika Kakiiwa, yang sebelumnya menumbangkan pasangan Malaysia, Woon Khe Wei-Ng Marylen Poau Leng, dengan skor 18-21, 21-16, 21-16.
Di bagian lain, unggulan 2 asal tuan rumah, Ha Jung Eun-Kim Min Jung, tanpa terduga harus tersingkir oleh pasangan China, Ma Jin-Wang Xiaoli, dengan skor 3 set, 21-19, 13-21, 18-21. Pasangan China ini di babak perempat final akan berjumpa dengan pasangan China Taipei, Cheng Hsiao Yun-Wang Pei Rong, yang sebelumnya mengalahkan pasangan Kazakstan, Karina Suleyeva-Veronika Sorokina, dengan skor 21-7, 21-11.
Di bagian ganda putri ini, China meloloskan 3 wakilnya ke babak perempat final. Mereka adalah Ma Jin-Wang Xiaoli, Zhang Jinkang-Wang Siyun, serta pasangan veteran China, Yang Wei-Zhang Jiewen. Satu pasangan tangguh China, Zhao Tingting-Zhang Yawen harus tersingkir di babak kedua, setelah takluk dari pasangan tuan rumah yang menjadi unggulan 3, Lee Hyo Jung-Lee Kyung Won, dengan skor 20-22, 13-21.
Ganda Campuran.
Di bagian ganda campuran, wakil Indonesia, Flandy Limpele-Vita Marissa harus takluk di babak kedua. Pasangan yang menaklukkan Flandy-Vita adalah pemain tuan rumah, Kim Ki Jung-EOm Hye Won. Flandy-Vita kalah dengan skor 12-21, 21-23. Pasangan Korea tersebut di babak perempat final akan berjumpa dengan rekan senegaranya, yang menjadi unggulan teratas, yakni Lee Yong dae-Lee Hyo Jung. Yong dae-Hyo Jung sebelumnya mengalahkan wakil Malaysia, Mohd Razif Abdul Latif-Woon Khe Wei, dengan skor 21-19, 22-21.
Kejutan juga terjadi ketika unggulan 2 asal Thailand, Sudket Prapakamol-Saralee Thoungthongkam harus takluk ditangan pasangan tuan rumah, Yoo Yeon Seong-Kim Min Jung, dengan skor 21-17, 9-21, 20-22. Pasangan Korea ini selanjutnya akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon-Goh Liu Ying, yang sebelumnya mengalahkan wakil India, Diju V-Jwala Gutta, dengan skor 21-17, 11-21, 21-18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar